Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
DANNY AJAR BASKORO

Powered by Blogger

Senin, 25 Mei 2009

BELAJAR BAGAIKAN AIR YANG MENGALIR


Belajar merupakan proses yang indah, menyenangkan, menggairahkan, dan menakjubkan karena belajar sifatnya dinamis yang senantiasa tiap saat, tiap waktu selalu mengalami perubahan dan perubahan. Bukankah belajar itu seperti air yang mengalir yang terus bergerak dan berubah. Dalam pergerakan dan perubahan tersebut terdapat kolaborasi antar molekul-molekul air yang saling bersentuhan, bersinggungan dan bersinergi. Manakala air itu lewat pada aliran yang lapang, air akan berjalan dengan tenang, tetapi manakala melewati aliran yang sempit air akan bergerak sangat cepat, dan manakala terhimpit gerakannya air akan mencuat sekencang-kencangnya. Manakala menghadapi bendungan masalah yang besar dan kokoh molekul-molekul air tersebut terus bergerak berputar mencari celah-celah sambil menunggu yang lain untuk menyusun kekuatan bagaimanana cara merobohkan bendungan masalah tersebut. Manakala menghadapi masalah yang terjal mereka tidak cemberut, tidak pesimis justru bergemuruh, bersorak-sorak dan bersukacita, karena kedatangannya ditunggu-tunggu.
Itulah belajar sesungguhnya yang selalu berubah dan berubah. Namun dalam benak kita sering beranggapan dan berfikir bahwa untuk berubah bukanlah hal yang mudah, berfikir seperti itulah yang harus kita ubah agar kita mudah mengikuti perubahan.
Jika kita ingin belajar maka kita harus mengikuti perubahan, jika tidak maka maka kita terperdaya oleh perubahan itu sendiri. Seperti uraian kata indah pendahulu kita :
“ Jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin itulah orang yang celaka
Jika hari ini sama dengan hari kemarin itulah orang yang merugi
Jika hari ini lebih baik dari hari kemarin itulah orang yang beruntung”
Kita tinggal memilih, mau celaka, merugi atau beruntung? Agar kita beruntung belajarlah mengikuti perubahan.





1 komentar:

  1. Mazia yg baik,,,,mengikuti alur kehidupan seperti air yang mengalir,,air mengalir dari sumbernya yang bersih dan jernih. Rintangan apapun yang ditemui dia akan selalu berjalan terus hingga mencapai tujuannya (Wiwid).

    BalasHapus