Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
DANNY AJAR BASKORO

Powered by Blogger

Sabtu, 26 November 2011

Bagaimana Bentuk Tugas yang Bermakna?


Secara umum tugas bermakna ada tiga kategori:
1.Tugas yang berorientasi aplikasi,
" Menjawab pertanyaan yang spesifik
" Apakah ini yang terbaik ?,
" Bagaimana melukiskan karakteristiknya?
2.Tugas yang berjangka panjang: pembelajaran berbasis proyek
3.Tugas yang student-directed.
Karakteristik yang paling utama jika suatu tugas dikatakan bermakna adalah::
1. Para siswa mempunyai kontrol atas tugasnya
2. Para siswa mempunyai kontrol pengalaman yang tidak langsung atas produk dari tugasnya.

Penggunaan tugas yang bermakna
Karena kompleksnya tugas yang bermakna, maka, para siswa perlu memahami secara kritis aspek-aspek yang mendasari tugas bermakna.
Menurut Beyer's ( 1988) ada lima langkah dalam tugas bermakna:
1. Guru memperkenalkan proses yang digambarkan dan menunjukkan langkah-langkahnya, menjelaskan kapan proses harus digunakan, dan menamai proses.

2. Para siswa mengadakan percobaan, guru menyediakan materi/topik yang bersifat umum dan menarik, membiarkan mereka untuk bekerja tanpa interferensi guru.
3. Para siswa memikirkan apa yang terjadi dalam fikiran mereka, ini yang sering disebut metakognitif, dan menggunakannya untuk belajar proses. Hal ini bisa dilaksanakan melalui kooperatif learning.
4. Sebagai hasil refleksi, siswa boleh melakukan perubahan strategi, manakala ada sesuatu yang harus dimodifikasi.
5. Akhirnya, para siswa mencoba proses yang dimodifikasi dan merefleksi penggunaannya.
Jika tugas yang bermakna tidak seperti diatas, maka guru perlu menyiapkan dan memandu siswa dalam bentuk tugas yang terstruktur.


0 komentar:

Poskan Komentar