Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
DANNY AJAR BASKORO

Powered by Blogger

Jumat, 25 Februari 2011

TEORI BELAJAR "Subsumtion Theory"


Penemu : D.Ausubel (1963)
Fokus : Bagaimana pebelajar (learner) dapat memperoleh pengetahuan dengan lebih bermakna melalui presentasi verbal/tektual di kelas (bukan laboratorium).

Ausubel mengatakan bahwa proses belajar terjadi ketika jika pengetahuan/materi baru dikaitkan dengan struktur kognitif yang telah terbentuk sebelumnya. Struktur kognitif melputi semua pengalaman belajar yang pernah terjadi pada diri seseorang.

Mekanisme pengajaran yang disarankan Ausubel adalah 'advance organozers'. Maksud mekanisme ini secara konkrit sebagai berikut: diberikannya berbagai abstraksi dan pandangan-pandangan tentang suatu pokok bahasan di awal suatu proses pembelajaran. Organizers bukan diartikan sebagai overview ataupun kesimpulan. Melainkan, organizers digunakan untuk menjembatani pengetahuan yang telah dimiliki dengan materi yang akan dipelajari.
Prinsip:
(1). Ide/gambaran umum tentang suatu materi diutarakan terlebih dulu. Baru kemudian mulai diperkecil lingkup pembahasannya.
(2). Materi pembelajaran hendaknya mengintegrasikan pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya. Cara yang digunakan adalah comparison (membandingkan) dan cross-referencing (mencari hubungan).

0 komentar:

Poskan Komentar